SEKILAS TENTANG SISTEM INFORMASI KLINIK

Perkembangan teknologi yang semakin modern dan inovatif turut merambah ke sektor kesehatan. Salah satunya adalah hadirnya klinik yang mampu memberikan pelayanan lebih maksimal dan efisien untuk melayani pasien. Melalui sistem ini, informasi manajemen klinik akan lebih terarah dan akurat secara digital. Untuk lebih memahaminya, yuk simak ulasan di bawah ini.

Apa Sistem Informasi Klinik itu?

sistem informasi klinik - blog.farmagitechs.co.id

Sistem Informasi Klinik merupakan sebuah teknologi informatika berbasis web yang menjawab kebutuhan klinik dalam menyajikan data yang lebih akurat, cepat, dan handal. Melalui sistem ini, maka sebuah klinik kesehatan mampu mengambil keputusan dengan tepat dan mengurangi kesalahan dalam analisis data pasien.

Seluruh rangkaian proses dalam sistem informasi klinik mampu memberikan pelayanan klinik yang lebih baik. Sebab, sistem ini umumnya sudah terintegrasi dengan sempurna dan harganya pun juga cukup terjangkau.

Pada sistem ini seluruh alur proses pelayanan, prosedur, dan pelaporannya mampu menghasilkan informasi yang tepat sesuai arahan tindakan atau kebijakan klinik. Oleh karena itu, sistem ini sangat ideal digunakan pada pelayanan registrasi, rekam medis, pelayanan klinis, keuangan, dan lain sebagainya.

Sistem Informasi Klinik merupakann bagian dari Sistem Informasi Management Rumah Sakit atau yang biasa di singkat menjadi SIMRS. SIMRS merupakan sistem yang juga dapat membantu kinerja klinik agar lebih efisien dan efektif

Fungsi Sistem Informasi Klinik di Bidang Kesehatan

Sistem informasi klinik memiliki banyak kegunaan di industri kesehatan, salah satunya bagi klinik kesehatan. Berikut empat macam fungsi sistem informasi klinik yang harus Anda ketahui.

1. Mampu mengurangi antrean pada klinik

Dengan hadirnya software ini, maka antrean panjang di klinik dapat dikurangi sehingga pasien juga tidak akan merasa lelah menunggunya. Nah, dengan software ini pasien yang hendak memeriksakan diri atau ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di klinik tidak perlu mengantre hingga beberapa jam lamanya.

2. Tenaga medis lebih mudah dalam menolong pasien

Aplikasi ini juga memungkinkan dokter yang terdapat di klinik berinteraksi dengan pasien melalui bantuan aplikasi tersebut. Sehingga, hal ini akan sangat menolong pasien yang ingin melakukan konsultasi tetapi terkendala situasi. Selain itu, dokter juga akan lebih mudah dalam mengatur waktu dan tempat untuk menolong pasien.

3. Alur kerja yang lebih mudah dan fleksibel

Software sistem informasi klinik membuat alur kerja klinik menjadi lebih mudah dan fleksibel, misalnya pasien dapat membuat janji konsultasi secara online. Aplikasi klinik ini juga sangat membantu dalam menyimpan dan mengelola data pasien. Sehingga, tidak mungkin terjadi pencatatan ganda yang menimbulkan kerugian klinik.

Manfaat Sistem Informasi Klinik

Pemanfaatan sistem informasi klinik sudah banyak digunakan oleh klinik-klinik di Indonesia, sebab memiliki beragam manfaat antara lain.

  • Pengelolaan sistem manajemen informasi klinik yang lebih terkendali dan terintegrasi sesuai yang diharapkan masyarakat.
  • Birokrasi pelayanan yang lebih mudah dan transparan.
  • Meningkatkan kualitas pelayanan klinik.
  • Meningkatkan efektivitas, efisiensi, fleksibilitas, produktivitas, dan kualitas pelayanan kesehatan.

Keunggulan Sistem Informasi Klinik

Sistem informasi klinik berbasis aplikasi web mampu menyelaraskan banyak kepentingan, baik dari pemerintah maupun masyarakat. Nah, berikut beberapa keunggulan yang dimilikinya.

  1. Dapat diintegrasikan pada seluruh aplikasi, diantaranya BPJS, E-Klaim, VClaim, dan lain-lain.
  2. Keamanan data terjamin karena server disimpan pada klinik mitra
  3. Mengurangi penggunaan kertas untuk rekam medis.
  4. Mampu membuat laporan keuangan dan akuntansi secara otomatis.
  5. Manajemen informasi klinik yang terpusat.

Dengan hadirnya teknologi komputer dalam sistem informasi klinik, maka akan sangat membantu pihak klinik dalam memenuhi berbagai kebutuhannya. Salah satunya yakni, dengan menggunakan layanan Farmagitechs yang telah berpengalaman dalam merancang software klinik.

Pengembangan produk Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) symphoenix kami ini khusus digunakan oleh klinik dan rumah sakit yang bisa diakses melalui perangkat desktop maupun mobile. Terlebih, produk yang kami tawarkan ini terjamin kualitasnya, tepat guna, dan dapat diandalkan. Untuk informasi lebih lengkapnya cek di website resmi kami Farmagitechs.co.id. Yuk, daftar sekarang juga!


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *