Jenis-Jenis Ruangan di Rumah Sakit

Ruangan di rumah sakit sangatlah banyak dan memiliki fungsinya masing masing, dan juga digunakan berdasarkan kondisi tertentu. Ruangan-ruangan ini memiliki peralatan dan juga fasilitas yang berbeda di setiap ruangannya. Sehingga Anda harus mengenali ruangan-ruangan yang ada di rumah sakit ini.

Ruang Rawat di Rumah Sakit

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa rumah sakit memiliki beberapa ruang rawat yang berbeda-beda, mulai dari perawatan khusus dari pasien yang memiliki penyakit serius hingga ke ruang rawat biasa. Nah berikut ada penjelasan tentang beberapa ruangan warnet yang ada di rumah sakit :

1. Intensive Care Unit (ICU)

ruang icu rumah sakit salah satu jenis ruangan di rumah sakit

Ruangan di rumah sakit yang pertama adalah Intensive Care Unit (ICU) yang diberikan khusus untuk pasien kritis dan memerlukan perawatan intensif. Selain itu, di ruang ICU ini juga menyediakan tindakan medis yang bersifat kritis karena pasien di ruangan ICU ini memerlukan pengawasan secara terus menerus.

Beberapa peralatan seperti sistem pendukung organ tubuh juga diperlukan jika pasien di ruang ICU memiliki luka parah atau sakit akut. Biasanya yang ada di ruang ICU ini adalah orang-orang yang memiliki luka bakar pasar, gagal napas, pasien usai transplantasi organ, atau setelah melakukan operasi kardiotoraks.

2. High Care Unit (HCU)

ruang hcu rumah sakit salah satu jenis ruangan di rumah sakit

Pelayanan yang diberikan pada ruangan High Care Unit (HCU) . adalah ruang dengan persyaratan di bawah atau lebih rendah dari ICU, biasanya dipersyaratkan untuk RS kelas D. ruang HCU diperuntukan untuk pasien yang memperbaiki kondisinya tetapi tidak harus di ICU. Di ruang HCU masih memerlukan pengawasan yang ketat dari tenaga medis walau peralatannya tidak selengkap di ICU.

Dengan adanya pelayanan HCU ini diharapkan bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan pasien. Di dalam ruang HCU ini berisikan pasien yang memiliki kondisi respirasi, hemodinamik, dan juga kesadaran yang lebih stabil.

3. Intensive Coronary Care Unit (ICCU)

ruang intensive coronary care unit rumah sakit salah satu jenis ruangan di rumah sakit

Ruangan Intensive Coronary Care Unit (ICCU) ini hampir sama dengan ruang ICU, tapi ruangan ICCU ini lebih berfokus pada pasien yang mengalami gangguan jantung. Seperti jantung koroner, serangan jantung, gangguan irama jantung yang berat, hingga gagal jantung.

ICCU menjadi ruangan pelayanan jantung dan pembuluh darah di beberapa rumah sakit. Ruangan ini dibuat terpisah karena pasien yang memiliki penyakit jantung lebih beresiko tinggi dan kondisinya tidak stabil. Sehingga butuh penanganan serta perhatian yang lebih ekstra dari tenaga medis.

4. Neonatal intensive Care Unit (NICU)

ruang neonatal intensive care unit nicu rumah sakit salah satu jenis ruangan di rumah sakit

NICU ini memberikan pelayanan khusus bagi bayi baru lahir atau bayi yang memiliki kesulitan atau kelainan. Pasien yang ada di ruangan NICU ini biasanya bayi yang lahir prematur di usia kandungan 24-25 minggu hingga 40 minggu, yang biasanya memiliki sistem pencernaan normal.

Bayi yang sakit jika keluar dari fasilitas pelayanan kesehatan tidak akan di taruh di ruangan NICU ini karena bisa menginfeksi pasien bayi lainnya. Nah, jika ada kondisi bayi yang darurat akan di tempatkan di ruangan lain. Biasanya ruangan NICU ini memiliki fasilitas rawat intensif untuk bayi.

Itulah beberapa jenis-jenis ruangan di rumah sakit yang perlu Anda ketahui. Selain jenis ruang rawat intensif seperti di atas, ada juga beberapa ruang rawat biasa dari berbagai jenis kamar. Nah, untuk mengelola ruangan di rumah sakit ini diperlukan juga sebuah sistem pengelola ruangan di rumah sakit yang dinamakan dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS).

Jadi buat Anda yang merasa kesulitan dalam membuat sistem pengelolaan ruangan di rumah sakit bisa menggunakan jasa kami dari Farmagitechs sebagai Vendor SIMRS terbaik. Kami akan memberikan pelayanan terbaik dalam pembuatan sistem ruangan rumah sakit dengan tepat dan bisa memuaskan para pasien. Dengan menggunakan aplikasi pengelolaan ruangan di rumah sakit pelayanan bisa dilakukan bisa dengan cepat dan tepat.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *