Daftar Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS

Perawatan gigi merupakan salah satu perawatan medis yang dapat dikatakan cukup mahal sehingga kebanyakan orang memilih untuk mengabaikan perawatan ini. Oleh karena itu, untuk memberikan solusi terbaik kepada masyarakat, saat ini terdapat beberapa perawatan gigi yang ditanggung BPJS.

daftar perawatan gigi yang ditanggung bpjs

Berdasarkan BPJS kesehatan, berikut di bawah ini daftar perawatan gigi yang ditanggung BPJS antara lain:

  1. Administrasi pelayanan, terdiri atas biaya pendaftaran pasien dan biaya administrasi lainnya yang terjadi selama proses perawatan kesehatan pasien.
  2. Pemeriksaan, konsultasi medis dan pengobatan.
  3. Premedikasi, perawatan ini berkaitan dengan pemberian obat sebelum induksi anestesi dengan tujuan melancarkan induksi, pemeliharaan pemulihan anestesi. Obat yang diberikan terdiri dari obat-obat golongan antikolinergik, sedasi/tranquilizer, dan analgetik.
  4. Kegawatdaruratan oro-dental yang terjadi pada gigi.
  5. Pencabutan gigi sulung dengan anestesi tropikal dan infiltrasi. Dengan anestesi tropikal, akan diberikan obat bius lokal yang bermanfaat untuk mematikan permukaan bagian tubuh saja dengan efek anestesi selama 10 menit.
  6. Sedangkan anestesi infiltrasi merupakan anestesi paling umum yang dilakukan pada rahang atas dengan melibatkan tidak lebih dari 1/2 gigi, jaringan lunak bila akan melakukan pembedahan di area yang terbatas. Teknik anestesi ini dapat dikatakan relatif mudah dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.
  7. Pencabutan gigi permanen tanpa penyulit, jika pencabutan gigi disertai faktor penyulit biaya cabut gigi biasanya akan naik hingga mencapai jutaan rupiah.
  8. Obat pasca ekstraksi, obat ini bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan komplikasi serta diharapkan mampu mengoptimalkan proses awal penyembuhan melalui pembekuan darah, sehingga proses pemulihan luka juga akan semakin cepat.
  9. Tumpatan komposif (GIC), merupakan nama lain dari tambalan sinar. Tambalan sinar adalah tambalan gigi yang menggunakan bahan resin composite. Apabila rongga mulut Anda penuh dengan karang gigi, maka sebaiknya lakukan pembersihan karang gigi terlebih dahulu baru kemudian dilakukan penambalan.
    perawatan gigi yang ditanggung bpjs

    Tumpatan komposif dilakukan agar saat melakukan perawatan penambalan atau perawatan lainnya, gigi-gigi Anda sudah dalam keadaan yang bersih.

  10. Scaling gigi, yaitu suatu prosedur/tindakan pembersihan karang gigi (tartar) atau plak di seluruh permukaan gigi dan bagian bawah gusi. Untuk mendapatkan gigi yang sehat dan bersih, Anda perlu rutin melakukan scalling gigi.

Pelayanan perawatan gigi termasuk dalam fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). FKTP adalah pelayanan kesehatan perorangan yang bersifat non spesialistik yang meliputi pelayanan rawat jalan dan rawat inap.

Fasilitas kesehatan tingkat pertama diberikan oleh Puskesmas atau yang setara, praktik mandiri dokter, praktik mandiri dokter gigi, klinik pertama atau yang setara termasuk fasilitas kesehatan tingkat pertama milik TNI/Polri, rumah sakit kelas D pratama atau yang setara, serta faskes penunjang: apotik dan laboratorium.

Nah, seperti itulah informasi mengenai daftar perawatan gigi yang ditanggung BPJS. Apabila rumah sakit/klinik Anda membutuhkan software untuk sistem pelayanan perawatan gigi, Anda dapat bekerja sama dengan Farmagitechs.

Farmagitechs merupakan perusahaan jasa yang membuat aplikasi SIMRS mengefektifkan pelayanan kesehatan. Aplikasi yang kami buat merupakan aplikasi berbasis Web yang bisa digunakan di Komputer dan Mobile (Smartphone) berdasarkan kebutuhan lembaga kesehatan yang terus mengalami perubahan kebijakan dalam sistem pelayanannya. Kami sudah berpengalaman dalam membuat sistem pelayanan digital untuk rumah sakit tipe D sampai dengan tipe B.

Apabila Anda ingin melakukan konsultasi terkait manajemen rumah sakit, Anda dapat secara gratis melakukannya dengan kami. Layanan on-call kami berikan apabila Anda membutuhkan konsultasi atau terjadi error terhadap aplikasi. Untuk software yang Anda pesan dapat disesuaikan dengan kebutuhan rumah sakit ataupun klinik Anda.


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *