Jadwal Dokter

Daftar Penyakit Kulit yang Bisa Dirujuk BPJS

Penyakit Kulit yang Bisa Dirujuk BPJS – BPJS kesehatan dari pemerintah menyediakan berbagai layanan untuk menunjang kebutuhan mengenai kesehatan Anda. Salah satunya adalah dengan menanggung biaya yang harus Anda keluarkan saat ingin berobat. BPJS menanggung biaya kesehatan dari berbagai penyakit yang terdapat dalam daftar yang telah didata oleh pihak BPJS tersebut.

Namun, tidak semua penyakit biayanya dapat ditanggung oleh BPJS. Sehingga Anda harus memastikan bahwa BPJS dapat menanggung biaya pengobatan tersebut atau tidak. Untuk penyakit kulit sendiri, ada beberapa yang bisa dirujuk menggunakan BPJS. Berikut daftar penyakit kulit yang bisa dirujuk BPJS sehingga mengurangi biaya pengobatannya.

Daftar Penyakit Kulit yang Bisa Dirujuk BPJS

Penyakit Kulit Impetigo

impetigo penyakit kulit yang bisa dirujuk bpjs

Penyakit kulit satu ini biasanya banyak dialami oleh bayi hingga anak-anak. Impetigo merupakan infeksi kulit yang bisa menular. Biasanya ditandai dengan adanya bercak merah yang muncul di tangan, kaki, hingga wajah. Bercak merah tersebut juga disertai dengan adanya kulit yang melepuh. Jika selama seminggu gejala tidak hilang, Anda harus segera membawanya berobat.

Tinea Capitis

tinea capitis penyakit kulit yang bisa dirujuk bpjs

Penyakit kulit yang bisa dirujuk BPJS selanjutnya adalah Tinea Capitis. Sama halnya dengan impetigo, Tinea Capitis juga merupakan penyakit kulit menular karena infeksi dan dialami kebanyakan oleh anak-anak, dari usia balita hingga usia sekolah dasar. Infeksi ini disebabkan oleh jamur yang ada di kulit kepala sehingga bisa menyebabkan kerontokan rambut serta munculnya luka permanen di area kulit kepala.

Scabies

scabies penyakit kulit yang bisa dirujuk bpjs

Penyakit kulit scabies atau lebih dikenal dengan kudis juga merupakan penyakit kulit yang menular dan disebabkan oleh adanya tungau kecil yang masuk ke dalam lapisan kulit bagian luar. Nama dari tungau tersebut adalah Sarcoptes Scabiei, ukurannya sangat kecil. Pengidap scabies atau kudis akan merasakan gatal-gatal di kulitnya.

Reaksi Gigitan Serangga

reaksi gigitan serangga penyakit kulit yang bisa dirujuk bpjs

Penyakit kulit yang bisa dirujuk BPJS selanjutnya adalah salah satu penyakit kulit yang terjadi karena adanya gigitan dari serangga. Biasanya akan terjadi reaksi peradangan kulit sebagai respon setelah terjadinya kontak gigitan itu tadi atau bisa disebut sebagai dermatitis venenata. Gejala yang ditimbulkan mulai dari atas, rasa nyeri, panas seperti terbakar, hingga kulit yang bengkak dan melepuh.

Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang terjadi karena adanya peradangan kulit. Ditandai dengan adanya kulit yang terlihat memerah, kering hingga pecah-pecah. Peradangan yang terjadi biasanya sudah berlangsung lama dan terjadi bisa dari faktor genetik, lingkungan, dan lainnya. Kulit akan terlihat kering dan bersisik bahkan terkelupas.

Acne Vulgaris Ringan

acne vulgaris ringan penyakit kulit yang bisa dirujuk bpjs

Acne Vulgaris merupakan istilah medis dari jerawat, baik itu yang muncul di wajah, bahu, dada ataupun punggung. Ini merupakan penyakit kulit yang paling umum terjadi. Biasanya terjadi pada masa pubertas, sehingga hormon androgen meningkat dan produksi minyak lebih banyak. Namun, jika ada bakteri menumpuk di kulit, maka akan menyebabkan terjadinya jerawat.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai daftar penyakit kulit yang bisa dirujuk BPJS. Ada beberapa penyakit kulit  yang juga bisa dirujuk BPJS, Anda bisa menanyakan langsung ke rumah sakit terdekat. Nah, untuk melakukan pelayanan sistem BPJS, maka pihak rumah sakit harus memiliki sistem pelayanan dan informasi yang canggih dan mudah diakses.

Untuk itu, kami menyediakan layanan untuk membantu rumah sakit melakukan manajemen pelayanan dan informasi dengan baik menggunakan aplikasi berbasi web, desktop atau bahkan mobile tergantung dengan kebutuhan dari rumah sakit tersebut. Farmagitechs sebagai vendor SIMRS sudah memiliki pengalaman dalam membuat sistem pelayanan dan informasi, sehingga Anda jangan khawatir.


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *