Mengenal Tentang Jenis Laporan Keuangan Rumah Sakit

Laporan keuangan rumah sakit adalah sebuah laporan yang berisi informasi-informasi mengenai keuangan rumah sakit. Laporan keuangan rumah sakit ini hampir sama dengan laporan keuangan pada umumnya yang berisi aktivitas keuangan, investasi serta ringkasan aktivitas operasional.

Laporan keuangan di rumah sakit ini digunakan sebagai pertanggungjawaban keuangan yang dijadikan dasar dari pengambilan keputusan bisnis. Oleh karena itu diperlukan analisa laporan untuk mendukung kegiatan manajemen rumah sakit dan juga pedoman dalam pengambilan keputusan.

laporan keuangan rumah sakit

Jenis Laporan Keuangan Rumah Sakit

Laporan keuangan rumah sakit sama halnya dengan laporan keuangan lainnya yang terdiri dari 5 laporan keuangan. Yaitu Neraca (balance sheet), laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas, dan juga ada catatan atas semua laporan keuangan.

Laporan keuangan ini berbeda bagi rumah sakit yang dikelola oleh pemerintah. Nah, untuk rumah sakit yang dikelola oleh pemerintah ini biasanya laporan keuangannya disusun berdasarkan standar akuntansi pemerintah yang telah ditetapkan.

Jenis-Jenis Rasio Laporan Keuangan Rumah Sakit

laporan keuangan rs

Dalam penggunaannya laporan keuangan ini perlu dilakukan analisa keuangan yang di dalamnya terdapat berbagai alat dan juga metode. Nah, berikut beberapa  metode rasio keuangan yang digunakan untuk laporan keuangan rumah sakit :

  1. Rasio likuiditas

    Metode rasio ini digunakan untuk mengukur kemampuan rumah sakit dalam memenuhi kemampuan finansialnya dalam jangka pendek. Rasio ini juga dikenal dengan rasio modal kerja yang tujuannya sebagai tolak ukur rumah sakit dalam memenuhi kewajibannya mengembalikan modal

  2. Rasio Profitabilitas

    Rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa besar rumah sakit memperoleh laba. Rasio ini akan memantau hubungan laba dengan nilai penjualan, aktiva dan juga modal sendiri rasio profitabilitas. Dimana beberapa akun tersebut digunakan sebagai salah satu metrik untuk menilai kesehatan keuangan rumah sakit.

  3. Rasio Solvabilitas

    Metode rasio ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar kemampuan rumah sakit dalam memenuhi kewajiban finansial jangka panjang. Dalam rasio ini metriks yang digunakan untuk mengukur kapasitas keuangan rumah sakit dalam membayar hutang, sebagai dasar penilaian bagi kreditur.

  4. Rasio Aktivitas

    Rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa efektif pengelolaan sumber daya yang dimiliki oleh rumah sakit. Rasio ini sebagai pemanfaatan aset rumah sakit untuk menghasilkan profil yang yang menghasilkan keuntungan yang optimal. Rasio aktivitas ini berperan dalam menganalisis persediaan aset tetap dan juga piutang.

Manfaat Laporan Keuangan Rumah Sakit

Laporan keuangan adalah sebuah wujud pertanggungjawaban  dari pengelolaan kekayaan rumah sakit. Tentunya laporan keuangan tersebut akan memberikan manfaat uang sangat banyak. Nah berikut beberapa manfaat laporan keuangan

  1. Alat EvaluasiLaporan keuangan ini dijadikan sebagai bahan evaluasi atau instropeksi dari manajemen dalam mengelola rumah sakit. Evaluasi ini ditujukan kepada semua kegiatan operasional rumah sakit secara keseluruhan.
  2. Pemberi Informasi dan Acuan Pengambilan KeputusanInformasi dari laporan keuangan ini bisa dijadikan keperluan atau menjadi bahan pertimbangan dalam mengendalikan kegiatan rumah sakit. Apalagi dalam menyusun program dan sebagai acuan pengambilan keputusan di periode mendatang.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai laporan keuangan pada suatu instansi. Perlu diingat bahwa proses menyusun laporan keuangan ini harus berdasarkan data yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. Dalam menyusunnya pun harus sesuai atau sebanding dengan apa yang diperoleh rumah sakit. Menyusun laporan keuangan ini memang agak sulit, namun memiliki banyak manfaat.

Nah, buat Anda yang memerlukan bantuan mengenai pembuatan aplikasi laporan keuangan rumah sakit yang mudah bisa langsung mengonsultasikannya ke Farmagitechs. Kami akan membantu Anda membuat laporan keuangan rumah sakit yang mudah dan efektif. Tim kami sudah sangat berpengalaman dibidangnya sehingga Anda bisa memesan sesuai dengan kebutuhan. Karena laporan keuangan sudah menjadi salah satu fitur kami yang pastinya akan sangat membantu pembuatan dan penyusunan laporan keungan rumah sakit. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa langsung mengunjungi website resmi kami.


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *