Mengenal Tentang Sistem Informasi Rumah Sakit

Mengenal Tentang Sistem Informasi Rumah Sakit – Rumah sakit merupakan salah satu fasilitas publik yang berguna untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sehingga bisa dikatakan tidak mungkin terdapat daerah yang tidak mempunyai rumah sakit. Agar pengelolaannya dapat berjalan dengan lancar, maka dibutuhkan sistem informasi rumah sakit yang mampu membantu administrasi rumah sakit dan kegiatan pasien. Simak penjelasannya berikut.

Pengertian Sistem Informasi Rumah Sakit

sistem informasi rumah sakit

Semakin tingginya tuntutan pola hidup sehat menjadikan komputerisasi sangat dibutuhkan dalam dunia kesehatan, salah satunya rumah sakit. Oleh sebab itu, kini telah hadir sistem informasi rumah sakit berbasis web untuk memudahkan kegiatan di lingkungan rumah sakit.

Sistem informasi rumah sakit atau HIS (Hospital Information System) merupakan proses penginputan data, pengolahan data penyajian informasi, dengan bantuan software. Dengan bantuan software tersebut bisa diatur sesuai kebutuhan rumah sakit.

Melalui sistem ini, rumah sakit harus mampu menghindari terjadi kesalahan seperti, penginputan data, human error, integrasi data, hingga menyampaikan data atau informasi kepada pasien. Sistem ini dapat dikelola secara privat atau publik, dan negara juga telah menjamin keamanan data tersebut dengan maksimal.

6 Kemudahan Memiliki Sistem Informasi Rumah Sakit

Agar aplikasi SIRS dapat digunakan dengan optimal, maka terdapat berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam mengelola rumah sakit. Nah, berikut beberapa kemudahan yang diberikan fitur-fitur tersebut.

1. Keamanan data seluruh aktivitas rumah sakit lebih terjamin

Melalui fitur “Access Management” pada aplikasi SIRS mampu memberikan keamanan data yang lebih ketat dan hanya admin dan orang-orang tertentu di rumah sakit yang bisa diberikan hal untuk mengaksesnya.

Contohnya seperti, petugas loket, apoteker, perawat, serta petugas administrasi dan keuangan hanya bisa mengakses sesuai tugas dan kewenangannya. Nah, dengan sistem ini pengguna nantinya akan diminta mengisi username dan password. Selain itu, untuk meningkatkan keamanan data, biasanya admin akan memberikan batas waktu tertentu saat mengakses data, penggantian password waktu tertentu dapat meningkatkan keamanan hak akses.

2. Memudahkan pelayanan kesehatan di rumah sakit

Dengan hadirnya fitur Customer Relationship Management (CRM), maka akan memudahkan rumah sakit dalam memperkenalkan pelayanannya kepada masyarakat. Sehingga, hal ini juga akan menguntungkan bagi masyarakat karena bisa dilayanan dengan cepat dan nyaman.

3. Pelaporan data pasien lebih akurat, lengkap, dan cepat

Sistem informasi rumah sakit juga memberikan kemudahan dalam pelaporan data pasien yang lebih akurat. Hal tersebut karena terdapat persyaratan terperinci dalam pengisian formulir. Misalnya, dalam pengisian formulir harus mengikuti tata cara yang benar sesuai dengan karakteristik informasi sehingga minim terjadi kesalahan pengisian.

Untuk mengantisipasi kesalahan pelaporan, aplikasi SIRS biasanya juga dilengkapi dengan sistem pencatatan pengguna atau log files. Jadi, dengan sistem ini pekerjaan rumah sakit akan lebih hemat waktu.

4. Analisis keputusan menjadi lebih cepat dan tepat

Fitur aplikasi SIRS umumnya menggunakan program algoritma yang berguna untuk menganalisis data dengan cepat, tepat, dan lebih valid. Misalnya, fitur ini dapat digunakan untuk menganalisis anggaran biaya operasional, kualitas pelayanan, kualitas kesehatan, kinerja pegawai rumah sakit, dan sebagainya.

5. Proses manajemen rumah sakit sudah terintegrasi dengan masyarakat

Sistem informasi rumah sakit memiliki sistem manajemen yang terintegrasi antara satu dengan lainnya. Sehingga, ini akan mengurangi terjadinya kesalahan-kesalahan yang bisa menghambat kinerja rumah sakit. Melalui aplikasi SIRS ini, semua komponen data dan informasi dapat dipertanggungjawabkan dan dikomunikasikan dengan baik.

Melihat begitu banyak kemudahan yang diperoleh dari sistem informasi rumah sakit, maka sangat disarankan untuk memilih sistem yang terintegrasi dengan baik. Salah satunya adalah Farmagitechs yang mampu membuat berbagai aplikasi web, desktop, dan mobile sesuai kebutuhan dan kebijakan sistem pelayanan rumah sakit.

Kami selalu menyediakan produk aplikasi terbaik yang menguntungkan rumah sakit Anda. Selain itu, kami memiliki tenaga kerja berpengalaman dan tim support yang siap melayani keluhan Anda dengan cepat, efektif, dan terpantau terus menerus. Segera hubungi kami untuk mendapatkan layanan tersebut.


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *