6 Cek Rujukan BPJS Online Dengan Mudah

Cek rujukan BPJS online saat ini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan situs resmi dari BPJS. Jadi, pasien yang ingin mencari rumah sakit rujukan tidak perlu repot-repot mengunjungi satu per satu fasilitas kesehatan yang ada karena semuanya lebih mudah dilakukan secara online.

BPJS Kesehatan merupakan program dari pemerintah yang sangat membantu apapun kebutuhan masyarakat Indonesia terkait dengan pengobatan. Program BPJS kesehatan memudahkan masyarakat untuk bisa mendapatkan keringanan biaya ketika sakit. Lalu bagaimana sih cara untuk mengetahui rujukan BPJS secara online?

cek rujukan bpjs online

Cara Cek Rujukan BPJS Online

Ketika pasien sakit dan ingin mendapatkan penanganan dari dokter spesialis, maka harus mendapatkan surat rujukan terdahulu dari faskes tingkat 1nya. Setelah ada rujukan, baru peserta BPJS Kesehatan bisa mendapatkan pengobatan yang layak di rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Sayangnya, tidak semua rumah sakit itu bermitra dengan BPJS Kesehatan. Itulah sebabnya peserta aktif BPJS harus bisa mengecek rumah sakit mana yang sekiranya bisa menjadi rujukan sehingga tidak membuang-buang waktu telah berkunjung ke rumah sakit yang salah.

Bagi peserta aktif BPJS yang tidak memiliki waktu luang untuk mengecek rumah sakit mana yang bisa menjadi rujukan dengan datang ke faskes I, maka pasien bisa lho mengecek sendiri secara online.

Cek rujukan BPJS online jauh lebih praktis karena pasien akan menghemat waktu dan tenaga. Ditambah masa pandemi COVID-19 seperti ini, ada baiknya memang lebih meminimalisir kegiatan yang ada di luar rumah.

Lalu bagaimana caranya mengetahui bahwa rumah sakit yang ingin sekali dituju itu sudah terintegrasi dengan BPJS? Berikut cara untuk mengecek rujukan BPJS online :

rujukan online bpjs
  1. Pertama, pasien bisa mengunjungi situs atau klik https://faskes.bpjs-kesehatan.go.id/aplicares/#/app/pnama/bylocation
  2. Selanjutnya, pasien bisa memperhatikan  kolom kotak pencarian. Klik kolom dengan tulisan ‘Nama Provinsi’.
  3. Setelah diklik, maka pasien bisa memilih provinsi yang hendak dicari fasilitas kesehatannya.
  4. Halaman akan menampilkan pilihan kotak lagi dengan nama ‘DATI 2’. Di kolom tersebut, pasien bisa memilih kabupaten atau kota mana yang hendak dicari.
  5. Selanjutnya, halaman akan menampilkan kota dengan opsi berjudul ‘Rumah Sakit’. Di kotak ini, maka pasien bisa mencari detail daftar rumah sakit mana yang hendak menjadi rujukan dengan mengklik tulisan ‘Cari Faskes’
  6. Halaman secara otomatis akan menampilkan daftar rujukan pada rumah sakit yang bisa menerima pasien BPJS. Selain itu, pasien juga bisa melihat kuota yang disediakan oleh rumah sakit untuk pasien dengan kategori kelas I, II, maupun III.

Menariknya dengan cek rujukan menggunakan cara di atas adalah, pasien juga bisa mencari berbagai fasilitas lainnya. Jadi, pasien tidak terpaku dengan rujukan rumah sakit saja. pasien bisa mencari fasilitas kesehatan seperti :

  • Puskesmas
  • Klinik utama
  • Apotek
  • Dokter praktik
  • Klinik patama
  • Dokter gigi

Semua daftar nama fasilitas kesehatan tersebut sudah bermitra dengan BPJS Kesehatan juga sehingga Anda tidak perlu repot mencari rujukan jika sedang sakit.

Cek rujukan BPJS online bisa dilakukan dengan lebih mudah apabila rumah sakit juga menerapkan Bridging System BPJS. Apalagi di masa pandemi seperti ini semuanya lebih mudah dilakukan secara online.

Apakah rumah sakit Anda belum terintegrasi dengan Bridging System BPJS? Jika belum, mungkin Anda bisa menggunakan layanan SIMRS dari Farmagitech. Kami memiliki aplikasi yang dinamakan dengan SIMRS Symphoenix di mana program kami tersebut bisa terintegrasi dengan  sistem informasi pada rumah sakit Anda.

Baik menangani pelayanan back office hingga front office, semua bisa dilakukan dengan aplikasi SIMRS kami. Yuk, tingkatkan mutu layanan fasilitas kesehatan Anda dengan solusi dari kami!


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *