TUJUAN KREDENSIAL BPJS DAN KRITERIA TIM PENILAINYA

Kredensial BPJS merupakan proses seleksi terhadap fasilitas kesehatan yang layak dijadikan tempat pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta jaminan atau asuransi kesehatan. Fasilitas kesehatan tersebut harus terikat perjanjian atau kontrak dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat.

kredensial bpjs

Tujuan Kredensial BPJS

Kredensial BPJS atau proses seleksi BPJS berfungsi hanya berfungsi apabila besaran pembayaran memadai dan jumlah faskes yang ada melebihi dari jumlah yang dibutuhkan. Setidaknya, terdapat alasan utama dilakukannya kontrak antara BPJS dengan fasilitas kesehatan, yaitu:

  • Untuk menjalankan Perintah Undang-undang Nomor 40 tahun 2004 yang berisi tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan peraturan pelaksanaannya.
  • Untuk menjamin kesediaan layanan yang berkualitas dan dapat dipercaya oleh peserta jaminan kesehatan.
  • Untuk mengendalikan biaya dan utilisasi layanan kesehatan bagi masyarakat.
  • Meminimalisir kesalahpahaman dan tanggung jawab masing-masing pihak yang bersangkutan.

Sementara itu, tujuan dilakukannya kredensial adalah untuk mengetahui Kapasitas dan kualitas fasilitas kesehatan yang akan menjalin kerja sama dengan BPJS. Dengan demikian, diharapkan peserta BPJS dapat dilayani dengan maksimal dan tujuan pembangunan kesehatan dapat tercapai.

Kebijakan kredensialing ini memberikan jaminan kualitas pelayanan yang adil bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Pada Faskes yang telah bekerja sama dengan BPJS akan dilakukan dan dievaluasi secara berkala demi menjaga standar dan kualitas pelayanan. Secara umum, monitoring dan evaluasi atau yang biasa disebut rekrendesealing dilaksanakan setiap 2-3 tahun sekali tergantung kebutuhan faskes.

proses kredensial bpjs

Perlu diketahui bahwa kredensial BPJS berbeda dengan akreditasi karena akreditasi merupakan penilaian yang tidak memiliki konsekuensi kontrak. Akreditasi hanya menetapkan terpenuhinya standar tertentu oleh suatu fasilitas kesehatan.

Tim Penilai Kredensial BPJS

BPJS merupakan lembaga publik yang harus transparan, maka proses kredensialing harus melibatkan tim penilai yang mampu bertanggung jawab, serta memberikan informasi yang transparan dan akurat. Dalam kredensialing BPJS, tik penilai selayaknya terdiri dari:

  • Unsur pimpinan BPJS
  • Unsur pemerintah (dinas kesehatan)
  • Perwakilan asosiasi fasilitas kesehatan
  • Perwakilan asosiasi profesi medis
  • Perwakilan Lembaga Pengawas Layanan Publik atau masyarakat.

Rencananya kredensialing akan diterapkan pada seluruh strata pelayanan kesehatan. Oleh karena itu semua tim penilai yang terlibat harus terdiri dari orang-orang yang mempunyai reputasi, layak dipercaya, bersikap objektif, tegas, serta berkompeten. Adapun persyaratan anggota tim penilai antara lain adalah:

  • Sehat jasmani dan rohani, dalam artian tidak sedang memiliki keluhan fisik atau mental selama berdedikasi menjadi tim penilai.
  • Berkelakuan baik serta memiliki integritas pada perbaikan layanan kesehatan.
  • Berpendidikan minimal spesialis/ magister di bidang kedokteran/ kedokteran gigi/
  • administrasi rumah sakit/ kesehatan masyarakat.
  • Memiliki sertifikat asuransi kesehatan atau managed care yang resmi.
  • Mencalonkan diri atau dilakukan oleh pihak lain dengan menyertakan pernyataan kesediaan bekerja memperbaiki jaminan/ layanan kesehatan.

Farmagitechs sebagai vendor SIMRS siap menjadi partner rumah sakit atau klinik Anda dengan keamanan data yang tetap terjaga. SIMRS (Sistem Informasi Rumah Sakit) dari kami dapat terhubung langsung dengan BPJS dan digunakan untuk berbagai fasilitas yang disediakan dengan harga yang terjangkau. Dengan begitu, proses kredensial BPJS akan lebih cepat, aman, dan sesuai prosedur.

Produk andalan kami adalah SIMRS Symphoenix yang dapat menjadi solusi ideal untuk menyelesaikan berbagai permasalahan administrasi rumah sakit Anda. Kami menawarkan modul yang terintegrasi, mulai dari pendaftaran online maupun offline sampai pelayanan back office, baik klinis, non klinis, akuntansi atau keuangan. Jadi, aplikasi ini akan mempermudah segala proses administrasi agar kredensialing bisa berjalan dengan lancar.


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *