Ruang Rawat Inap Rumah Sakit

Ruang Rawat Inap Rumah Sakit

Mengenai Ruang Rawat Inap Rumah Sakit dan Urgensi Pasiennya

 

Rawat inap merupakan salah satu bentuk pelayanan rumah sakit kepada pasien yang berhak untuk menginap untuk berbagai keperluan rumah sakit mulai dari observasi, diagnosis, terapi dan berbagai penunjang kebutuhan medis lainnya. Oleh sebab itu ruang rawat inap rumah sakit juga harus disediakan senyaman mungkin untuk kebutuhan pasien.

Hal itu dilakukan agar pasien bisa mendapatkan proses pengobatan yang maksimal. Namun, tidak semua pasien bisa mendapatkan pelayanan rawat inap ini. Harus ada urgensi tertentu yang menjadi alasan pasien tersebut menginap. Berikut penjelasan secara lengkap mengenai layanan rawat inap rumah sakit, mulai dari ruangan hingga pelayanan yang diberikan.

Ruangan Rawat Inap Rumah Sakit

Ruang rawat inap rumah sakit biasanya terdiri dari ruangan ataupun bangsal baik yang dihuni oleh satu pasien maupun beberapa pasien sekaligus. Untuk ruang rawat inap yang hanya dihuni oleh satu pasien adalah untuk kategori kelas atas seperti rawat inap VIP, VVIP, ataupun eksekutif. Semakin tinggi kelasnya maka standar fasilitasnya juga semakin lengkap.

Sedangkan untuk ruang rawat inap yang dihuni oleh beberapa orang sekaligus berbentuk bangsal yang mana ada sekat antara satu tempat tidur dengan lainnya dengan menggunakan kain selambu. Fasilitas dan pelayanan yang digunakan pada ruang rawat inap harus sesuai dengan persyaratan medis, seperti adanya tiang infus, outlet oksigen, dan lain sebagainya.

Untuk pemisahan ruang rawat inap harus dipisahkan berdasarkan jenis penyakit, usia ataupun jenis kelamin. Mulai dari kelompok pasien berdasarkan usia dari anak hingga dewasa, jenis penyakit yang bisa menginfeksi atau tidak, tingkat keparahan penyakit yang dialami, hingga jenis kelamin. Pengelompokan ruangan tersebut agar tidak terjadi permasalahan kedepannya.

Pasien Rawat Inap

Pasien rawat inap rumah sakit sakit biasanya berawal dari IGD, rawat jalan/ poliklinik, hingga rujukan. Penanganan pasien rawat inap adalah dari dokter spesialis ataupun dokter yang menjaga bangsal. Untuk penanganan pasien berdasarkan penyakit yang diderita akan ditangani oleh dokter  spesialis, sedangkan pasien berdasarkan letak bangsal ditangani oleh dokter bangsal.

Satu pasien mempunyai dokter penanggung jawab pelayanannya sendiri, sedangkan untuk dokter spesialis dan bangsalnya memiliki jumlah yang berbeda. Khusus untuk dokter spesialis, diharuskan untuk mengunjungi pasiennya minimal sekali dalam sehari. Hal ini dilakukan agar pasien rawat inap dapat ditangani dengan baik oleh rumah sakit tersebut.

Setiap pasien yang ingin rawat inap harus dilihat terlebih dahulu urgensi dari pasien tersebut.. Beberapa jenis urgensi pasien antara lain pasien yang tidak urgen sehingga perawatannya dapat ditunda, lalu pasien yang urgen tetapi tidak gawat darurat maka bisa dimasukkan ke daftar tunggu. Sedangkan untuk pasien yang gawat darurat, maka pasien tersebut harus segera dirawat.

Nah, demikianlah pembahasan singkat mengenai informasi ruang rawat inap rumah sakit dan urgensi dari pasien yang berhak mendapatkan pelayanan rawat inap di rumah sakit tersebut. Pelayanan yang diberikan juga harus optimal, untuk itu kami menawarkan bagi Anda salah satu solusi agar pelayanan rumah sakit dapat optimal sesuai kebutuhan yaitu SIMRS Syphoenix.

Aplikasi ini dapat digunakan oleh pihak rumah sakit dalam memaksimalkan layanan dari mulai pendaftaran baik online maupun offline hingga pelayanan klinis, non klinis maupun keuangan. Farmagitechs sudah berpengalaman dalam menangani sistem pelayanan rumah sakit dari tipe D hingga B. Selain itu, Farmagitech juga menyediakan layanan konsultasi gratis untuk manajemen rumah sakit.


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *