Operasi Caesar dengan BPJS

Melahirkan merupakan proses luar biasa yang dialami oleh perempuan, jenis persalinan ini memiliki dua jenis yaitu melalui persalinan per vaginam atau disebut persalinan normal dan operasi caesar atau disebut C-section. Terdapat kondisi khusus yang mengharuskan seorang calon ibu atau ibu melakukan operasi caesar ini.

operasi caesar dengan bpjs

Dirangkum dari laman BPJS Kesehatan memanfaatkan operasi caesar dengan BPJS tentu memiliki persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melakukan tindakan operasi caesar. Biaya dari operasi caesar juga dapat ditanggung oleh pihak BPJS Kesehatan apabila Anda sebagai peserta mengikuti prosedur dan ketentuan yang telah berlaku.

Persyaratan Operasi Caesar dengan BPJS Kesehatan

Syarat untuk bisa operasi caesar dengan BPJS yaitu dengan mengikuti prosedur dan ketentuan yang telah berlaku. Selain itu operasi caesar yang dilakukan ini berdasarkan indikasi medis yang sudah jelas dari dokter. Baru BPJS Kesehatan dipastikan untuk dapat menjamin biaya operasi caesar yang akan dilakukan untuk ibu.

BPJS Kesehatan sendiri dapat menjamin biaya operasi caesar hanya berada pada kondisi medis dimana telah mengharuskan peserta yang bersangkutan menjalani operasi caesar. Berikut merupakan kondisi medis yang dapat menjadi syarat-syarat melahirkan dengan memanfaatkan fasilitas operasi caesar dengan BPJS, diantaranya adalah :

  • Kelahiran alami tetapi telah tertunda dari usia normal janin pada umumnya yang dapat membahayakan ibu dan janin.
  • Janin mengalami masalah kekurangan oksigen yang dapat membuat pertumbuhan janin terhambat serta mengakibatkan berat badan saat lahir cukup rendah.
  • Memiliki cacat lahir pada janin yang biasa terjadi karena faktor lingkungan pada saat kehamilan.
  • Bukan pertama kali operasi caesar dengan arti sebelumnya telah melahirkan melalui proses operasi caesar juga.
  • Ibu yang akan melahirkan memiliki penyakit kronis sehingga memiliki resiko besar dalam persalinan.
  • Mengalami kondisi tali pusar bayi atau Prolaps tali pusat keluar terlebih dulu daripada bayinya.
  • Mengalami masalah pada plasenta yang mengakibatkan ketidak lancaran ketersediaan nutrisi dan asupan oksigen pada bayi.
  • Kehamilan kembar yang memang dapat meningkatkan risiko persalinan lebih cepat, dan kemungkinan terjadi komplikasi atau resiko tertentu yang akan dihadapi.
  • Memiliki posisi janin yang sulit untuk dilahirkan secara normal misalnya bayi sungsang, atau terdapat kondisi dimana janin terlalu besar untuk lahir melalui persalinan normal.
  • Ibu yang akan melahirkan memiliki tekanan darah tinggi selama masa kehamilan atau disebut preeklamsia, mengalami kondisi gawat janin, plasenta previa, plasenta akreta dan lain sebagainya.
kondisi perut ibu setelah operasi caesar dengan bpjs

Selain hal diatas terdapat penerapan prosedur penggunaan operasi caesar dengan BPJS untuk ibu hamil, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Anda harus mendatangi FKTP atau rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan dan pada saat persalinan peserta memiliki resiko kehamilan tinggi dan berakhir dirujuk untuk melakukan persalinan ke faskes tingkat lanjutan.
  • Untuk ibu hamil peserta BPJS Kesehatan yang sedang berada dalam keadaan darurat seperti pendarahan, ketuban pecah serta kondisi lain yang dapat menyebabkan sebuah kecacatan bisa langsung dibawa ke rumah sakit.
  • Melengkapi prosedur administrasi dengan BPJS serta membawa dokumen seperti kartu peserta, KTP, juga buku kesehatan ibu dan anak.

Dalam memilih tindakan operasi caesar dengan BPJS tentunya dibarengi dengan pemilihan rumah sakit yang baik dan bagus pelayanannya, rumah sakit yang bekerja sama dengan farmagitechs merupakan pilihan yang baik untuk hal ini. Yang mana Farmagitechs  telah bekerja dengan berfokus ketetapan bahwa rumah sakit Anda adalah inspirasi bagi kami, dianjurkan bekerja sama dengan Farmagitechs karena apa? Itu karena kami telah berpengalaman serta memiliki support baik terhadap semua keluhan yang ada.

Dan salah satu fitur pada aplikasi Farmagitechs yaitu SIMRS telah berjalan lancar dalam hal membantu mempercepat proses pelayanan di dalam sebuah rumah sakit, dibarengi dengan tawaran-tawaran terbaik seperti modul informasi, modul jasa pelayananan dan masih banyak lagi. Karenanya mari bergabung dan bekerjasama dengan kami agar mempermudah kinerja Anda.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *