Jadwal Dokter

10 Aturan Jam Besuk Rumah Sakit yang Umum

10 Aturan Jam Besuk Rumah Sakit yang Umum

Jam besuk rumah sakit saat ini dibatasi karena adanya pandemi covid – 19. Meskipun pandemi sudah berjalan selama 2 tahun, namun semua rumah sakit masih menerapkan aturan jam besuk dan bahkan meniadakan kunjungan demi menjaga kesehatan pasien.

Jikapun ada rumah sakit yang memberikan jam besuk, maka akan selalu ada beberapa peraturan khusus yang harus dipenuhi. Apa saja aturan khusus jam besuk yang ada di hampir setiap aturan rumah sakit?

10 Aturan Jam Besuk Rumah Sakit yang Umum

Pada dasarnya, rumah sakit masih belum memberlakukan jam besuk untuk pasiennya. Para pasien yang sedang mengalami rawat inap hanya bisa dijenguk dan ditemani oleh keluarganya.

Jikapun ada aturan rumah sakit yang memberikan jam besuk, umumnya ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, di antaranya adalah :

  1. Keluarga Dilarang Menunggu Pasien Selama di Ruang Intensif

Pihak keluarga pasien dilarang atau tidak diizinkan untuk menunggu ataupun menjaga pasien selama masih dalam perawatan di ruangan intensif. Perawat adalah orang yang bertanggung jawab penuh dalam merawat kondisi pasien.

  1. Wajib Cuci Tangan

Ketika berkunjung, maka keluarga harus melepaskan alas kaki dan mencuci tangan sampai bersih menggunakan sabun pembersih tangan atau bisa juga menggunakan hand sanitizer.

  1. Hanya Boleh 2 Orang Pengunjung

Biasanya, pengunjung rumah sakit akan dibatasi dan hanya  2 orang saja yang diperbolehkan masuk secara bergiliran.  Pengunjung juga diharapkan untuk menjaga  ketenangan pasien dan tidak mengganggunya.

  1. Dilarang untuk Membawa Makanan Dari Luar

Keluarga yang berkunjung dilarang keras untuk  membawakan makanan ataupun minuman yang didatangkan dari luar selama pasien berada dalam ruang perawatan.

  1. Menjaga Kebersihan dan Ketertiban Rumah Sakit

 

Pengunjung pasien ataupun penunggunya diharapkan untuk bisa memelihara kebersihan dan juga ketertiban yang ada dalam ruangan. Selalu buang sampah ke tempat yang sudah disediakan oleh rumah sakit.

 

Semua pasien dan keluarga diharapkan juga bisa  menjaga kebersihan dari kamar mandi rumah sakit.  Jangan membuang pembalut wanita maupun tissue ke  kloset. Demikian pula dengan  sisa makanan yang ada, harap untuk tidak dimasukkan ke washtafel.

 

  1. Dilarang Mencuci di Rumah Sakit

Pengunjung tidak diperbolehkan untuk mencuci apalagi menjemur pakaian di dalam rumah sakit. Apapun barang yang dibawa oleh pengunjung itu merupakan tanggung jawabnya sendiri sehingga tidak boleh memanfaatkan fasilitas rumah sakit.

 

  1. Peralatan di Rumah Sakit Hanya untuk Kepentingan Pasien

 

Segala macam peralatan yang sudah disediakan oleh rumah sakit di kamar pasien hanya untuk kepentingan pasien itu sendiri. Keluarga maupun saudara pasien yang berkunjung dilarang menggunakan alat-alat yang ada di rumah sakit jika tidak ada izin dari petugas.

 

  1. Dilarang Membawa Barang Berharga

Pasien maupun keluarga yang berkunjung tidak diperbolehkan untuk membawa berbagai macam barang berharga. Apabila barang tersebut nantinya hilang, maka pihak rumah sakit tidak akan bertanggung jawab

 

  1. Dilarang Merokok

Siapapun yang berkunjung  tidak diperbolehkan untuk duduk di atas ranjang pasien.  Pengunjung juga dilarang keras  merokok di kamar pasien ataupun lingkungan rumah sakit.

 

  1. Dilarang Bawa Anak Kecil

 

Sangat dianjurkan agar pengunjung  tidak membawa anak jika ingin sekali datang berkunjung sesuai aturan jam besuk rumah sakit.

Mengurus masalah aturan jam besuk cukup rumit sekali. Belum lagi mengurus perihal pendaftaran, resep obat, pasien ICU dan sebagainya.  Jika ingin layanan manajemen di rumah sakit menjadi lebih baik lagi, gunakan sistem informasi manajemen RS terbaik dari Farmagitech.

Sistem informasi manajemen dari Farmagitech bisa menjadi solusi untuk menangani semua perihal  pelayanan utama rumah sakit hingga kegiatan administratif termasuk mengatur jam besuk rumah sakit! Yuk, upgrade manajemen bisnis rumah sakit Anda dengan kami!


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *