Surat rujukan BPJS

5 Cara Mengurus Surat Rujukan BPJS Online

Surat rujukan BPJS online

apakah bisa diurus tanpa harus datang ke faskes I? Surat rujukan BPJS merupakan dokumen yang secara sadar diterbitkan oleh seorang dokter di faskes 1 untuk diberikan kepada pasien agar bisa menuju faskes II.

Fungsi utama dari surat rujukan ini adalah sebagai penghantar agar pasien bisa segera mendapatkan penanganan lebih lanjut dari faskes II yang dirujuk. Kabar baiknya, surat rujukan BPJS ini sudah bisa diurus secara online. Artinya, pasien tidak harus datang langsung ke puskesmas maupun klinik di faskes I untuk mendapat surat rujukan. Lalu bagaimana cara untuk bisa dapatkan surat rujukan itu sendiri?

Cara Urus Surat Rujukan BPJS Online

Dalam mengurus surat rujukan, pasien  bisa melakukannya secara online. Meskipun harusnya pasien perlu diperiksa dan didiagnosis oleh dokter di faskes tingkat I. Jika pasien kondisinya memang perlu segera mendapat penanganan dengan fasilitas yang lebih memadai dari faskes I, barulah dokter akan memberikan rujukan.

Biasanya, dalam surat rujukan akan berisikan mengenai identitas pasien, bagaimana hasil diagnosa awal, usia, riwayat penyakit, status dan sebagainya.

 

Surat rujukan BPJS yang diterbitkan oleh dokter dari faskes I perlu didasarkan pada indikasi medis. Pasien tidak bisa meminta rujukan atas dasar permohonan pribadi. Apabila pasien ingin meminta dengan alasan pribadi, maka ada biaya yang dibebankan sendiri.

Berikut adalah proses mengurus surat rujukan BPJS online:

  1. Instal Aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan

Saat ini, BPJS Kesehatan telah terintegrasi seutuhnya dengan ranah digital dengan menyediakan aplikasi khusus rujukan online. Aplikasi itu  dinamakan dengan Primary Care BPJS Kesehatan yang bisa pasien unduh di toko aplikasi. Pasien juga bisa mengaksesnya melalu situs pcare.bpjs-kesehatan.co.id.

  1. Registrasi Akun

Berikutnya, pasien bisa melakukan registrasi akun agar bisa masuk ke aplikasi. Pasien bisa pilih menu yang ‘sign in’. Masukkan semua data yang dibutuhkan untuk pendaftaran, setelah itu lakukan verifikasi dengan memasukkan kode yang dikirim ke email.

  1. Login ke Aplikasi

Setelah berhasil memiliki akun, maka pasien bisa masuk dengan username dan password yang sudah dibuat sebelumnya. Jika sudah masuk, halaman akan menampilkan indeks tentang data pasien.

  1. Pilih Menu Pelayanan

Selanjutnya, pasien bisa menekan opsi ‘Menu Pelayanan’. Aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan secara otomatis menampilkan indeks data Pasien. Perhatikan pada kolom yang bertuliskan ‘Status Pulang’. Di situ, Pasien bisa memilih opsi yang ‘Rujuk Lanjut’ jika ingin mendapat surat rujukan online.

  1. Pilih ‘Spesialis’

Setelah menekan opsi yang ‘Rujuk Lanjut’, maka pasien bisa memilih opsi yang ‘Spesialis’.  Pasien kemudian bisa menekan tombol ‘Cari Faskes Rujukan’. Halaman kemudian akan menampilkan sejumlah pilihan faskes kesehatan yang bisa dijadikan sebagai opsi.

Pilihlah salah satu yang sekiranya paling sesuai dengan faskes yang pasien tuju. Setelah yakin dengan faskes rujukan yang telah dipilih, maka tekan saja ‘Pilih’. Selesai, maka surat rujukan online pasien bisa diurus dengan menggunakan aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan.

Penggunaan aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan tentu saja juga harus tetap terintegrasi dengan sistem layanan manajemen dari sebuah rumah sakit. Apakah pelayanan manajemen di rumah sakit Anda sudah terintegrasi dengan sistem yang memadai sehingga surat rujukan BPJS online bisa lebih mudah ditangani?

Mungkin sudah saatnya Anda mulai menggunakan Farmagitechs sebagai solusi untuk mitra rumah sakit maupun klinik Anda. SIMRS yang rumah sakit gunakan bisa terkoneksi langsung dengan bridging system BPJS sehingga bisa mengakses berbagai fasilitas yang BPJS sediakan. Yuk, gunakan kami dan tingkatkan pelayanan fasilitas rumah sakit Anda!


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *