Kelola jadwal dokter

2 Cara Cek Rumah Sakit Rujukan BPJS

Cara cek rumah sakit rujukan BPJS

bisa dilakukan dengan menggunakan dua cara. Peserta BPJS bisa menggunakan cara offline atau ingin yang leboh praktis dengan online. Dengan mengetahui cara untuk mengecek rumah sakit rujukan, maka peserta BPJS tidak akan kesulitan untuk menuju ke mana jika kondisinya perlu mendapat penanganan.

Mengetahui rumah sakit yang menjadi rujukan amatlah penting karena hal itu bisa membantu proses penanganan kesehatan yang dirasakan oleh peserta BPJS. Jika ada rumah sakit yang hendak dituju, maka peserta BPJS tidak perlu membuang-buang waktu mencari fasilitas kesehatan mana yang hendak dituju. Lalu bagaimanakah cara untuk bisa mengecek rumah sakit yang menjadi rujukan BPJS?

2 Cara Cek Rumah Sakit Rujukan BPJS

Cara Mengecek Rujukan BPJS Secara Offline

Meski terkesan manual, namun metode ini masih digunakan oleh sebagian orang. Ya, ada beberapa orang yang masih mengecek rumah sakit rujukan BPJS Kesehatan dengan metode offline atau dengan mengunjungi langsung kantor BPJS.

Namun sebenarnya, metode offline lebih disarankan untuk peserta BPJS yang memang ingin ganti fasilitas kesehatan. Berikut panduannya :

  1. Pertama, peserta BPJS bisa datang ke kantor BPJS Kesehatan yang memang lokasinya paling dekat dari tempat tinggal.
  2. Selanjutnya, peserta BPJS bisa ambil nomor antrian dan tunggu saja sampai nomor dipanggil.
  3. Jika antrian dipanggil, sampaikan apa yang menjadi tujuan peserta datang ke kantor,
  4. Petugas kantor BPJS kesehatan akan meminta detail mengenai alamat tempat tinggal peserta saat ini.
  5. Petugas BPJS akan menginformasikan tentang mana saja rumah sakit rujukan BPJS yang dirasa paling dekat dengan domisili peserta.

Cara Cek Rujukan BPJS Secara Online

Jika ingin lebih mudah, maka gunakan saja cara online untuk mengecek rumah sakit rujukan yang bermitra dengan BPJS, berikut panduannya :

  1. Peserta BPJS bisa mengunjungi laman https://faskes.bpjs-kesehatan.go.id/aplicares/#/app/pnama/bylocation
  2. Selanjutnya, peserta bisa memperhatikan  kolom kotak pencarian. Klik kolom ‘Nama Provinsi’.
  3. Selanjutnya, pilih provinsi di mana peserta tinggal.
  4. Laman BPJS akan menampilkan pilihan kotak dengan nama ‘DATI 2’. Peserta bisa memilih kabupaten atau kota mana yang ingin dicari.
  5. Halaman BPJS kemudian akan menampilkan ‘Rumah Sakit’ di kota ataupun kabupaten yang sudah peserta pilih.
  6. Peserta BPJS bisa mengklik tulisan ‘Cari Faskes’.
  7. Halaman BPJS secara otomatis langsung menampilkan daftar rujukan rumah sakit mana saja yang bisa menerima pasien BPJS.
  8. Tidak hanya itu saja, peserta juga bisa melihat total kuota yang disediakan oleh rumah sakit per harinya untuk pasien dengan klasifikasi kelas I, II, maupun III.

Lebih mudah cara cek rumah sakit rujukan BPJS online dibandingkan offline bukan? Mengecek secara online tentu tidak akan membuang waktu. Tentu saja daftar rumah sakit akan tampil di halaman BPJS jika memang rumah sakit tersebut  mengaplikasikan Bridging System BPJS.

Bagi rumah sakit atau layanan kesehatan yang belum menerapkan Bridging System BPJS, Anda bisa mengandalkan aplikasi SIMRS Symphoenix dari Farmagitech. Sebagai perusahaan yang sudah bermitra dengan banyak rumah sakit di Indonesia, aplikasi yang kami namakan dengan SIMRS Symphoenix ini sudah membantu banyak rumah sakit meningkatkan mutunya dalam melayani pasien.

Kami bisa membantu pelayanan back office dari pendaftaran pasien, rawat inap, penebusan resep obat, hingga front office seperti akuntansi, finansial, inventaris rumah sakit dan sebagainya. Mau layanan rumah sakit Anda lebih meningkat? Yuk, gunakan aplikasi SIMRS Symphoenix dari kami!


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *